acg.gif

Kapanlagi.com – Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan olimpiade paduan suara tingkat Asia Pasifik yang pertama atau 1st Asian Choir Games, di Jakarta, 2-10 November mendatang.

“Indonesia terpilih menjadi penyelenggara karena paduan suara Indonesia telah berkali-kali menjuarai berbagai kompetisi di tingkat internasional,” kata Direktur Artistik Tommyanto Kandisaputra, di Jakarta, Selasa (8/5).

Menurut dia, kondisi keamanan yang kondulsif dan potensi wisata juga menjadi alasan digelarnya acara di Indonesia.

Asian Choir Games merupakan pertandingan bertaraf internasional di bidang paduan suara bagi para amatir di seluruh Asia Pasifik.

Diperkirakan sebanyak 200 kelompok paduan suara dari 20 negara akan berperan serta dalam acara ini. Beberapa di antaranya adalah Thailand, Philipina, dan Korea Selatan yang selama ini terkenal memiliki paduan suara yang telah mendunia.

“Kegiatan akan dipusatkan di Jakarta International Expo, Kemayoran, selain itu beberapa kelompok paduan suara akan melakukan gala konser di pusat-pusat kebudayaan dan konser persahabatan di beberapa pusat perbelanjaan,” lanjutnya.

Acara ini merupakan kerjasama Interkultur Jerman (yayasan internasional di bidang paduan suara) dengan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI, Royalindo Convention International dan Jakarta International Expo.

Indonesia, lanjutnya, memiliki sederetan kelompok paduan suara yang namanya telah dikenal berbagai negara di dunia.

“Prestasi Indonesia telah dimulai sejak 10 tahun lalu, yaitu paduan suara Unpar yang menjuarai kompertisi di Belanda, diikuti paduan suara lainnya di Bandung dan Menado. Mereka memenangkan banyak sekali emas,” katanya.

Menurut dia, berkat prestasi yang ditorehkan paduan suara Elfa’s Grup telah mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Kelompok yang dipimpin Elfa Secioria Hasbullah ini telah menyandang penghargaan puncak sebagai Grand Champions berturut-turut dalam olimpiade paduan suara dunia di Linz Austria (2000), Busan Korea (2002), Bremen Jerman (2004), dan Xiamen China (2006).

“Saingan berat Indonesia dalam olimpiade paduan suara se-Asia Pasifik ini adalah Korea dan Philipina, sebab di Philipina banyak paduan suara yang bagus-bagus, sedangkan Korea pembinaannya sangat baik,” katanya.

Sementara itu anggota Elfa’s Singer, Yana Julio mengungkapkan kompetisi tingat Asia Pasifik ini merupakan sebuah tantangan besar bagi paduan suara di Indoensia.

“Ini saatnya Indoensia tampil maksimal karena menjadi tuan rumah sekaligus peserta. Saya turut bangga dengan terpilihnya Indonesia sebagai penyelenggara pertandingan bergengsi ini,” kata Yana Julio. (*/boo)