ungke1.jpg 

Hawanya dingin dan sejuk krn berada di dlm sebuah Auditorium gedung pertunjukan, nama tempatnya Gedung Erasmus Huis milik kedutaan besar Belanda di Indonesia, dimana tempat ini mengingatkan Aku sekitar Tahun 1996 suka Ngantar Kakak utk ikut kursus Bahasa Belanda dlm rangka ikut Dik-Jur Polisi Lalu Lintas di Apeldorn Belanda dan ditempat yg sama pada tanggal 9 November 2007, sepulang dari kantor langsung menuju kesana dan tiba Pukul 19.30 Wib dgn memegang sebuah Tiket pertunjukan yg telah dibeli 5 hari sebelumnya dari salah satu anggota Ps. Voice of Soul yg bernama Nona Maya Sondakh utk menyaksikan Konser dari Paduan suara Ps. Voice of Soul.

      Disana, di malam itu Kita dibuat terpukau oleh penampilan Ps. Voice of Soul sbg Bintang Utama dlm Konser tersebut yg bertemakan “The Beautiful Sound From Minahasa” utk menghormati Komponis Minahasa JOHNY MAPALIEY yg Tuna Netra, juga ad. seorang Evangelis kelahiran 20 July 1937 di Magelang Jawa Tengah yg hadir / dihadirkan oleh Panitia pada acara tersebut, malam itu Ps. Voice of Soul tampil bernyanyi dgn maksimal dan penuh kesungguhan, semua mata terarah pada Tangan dan Wajah Dirigen sambil memegang Buku Klat Lagu ditangan, Diksi terucap jelas, Unison terpadu selaras, dan akhirnya harus diakui memang kalau penampilan malam itu mutu Ps. Voice of Soul ini sbg Paduan Suara benar-benar berbobot dan berkualitas. 

Disamping itu, Bintang lain yg turut memeriahkan Konser tersebut yg dihadirkan oleh Tim Kreatif Panitia utk berkolaborasi dgn Ps. Voice of Soul ad. Frans “Sisir” Rumbeno yg berhasil menyihir penonton dgn aksi Sisirnya seperti meniup Harmonika plus kualitas suaranya yg ngak kalah dgn Orang-orang Negro Amerika dan juga Nobo “Indonesian Idol” yg baru dan masuk 10 besar finalis di ajang yg bergengsi tersebut.

      Dalam penampilan Ps. Voice of Soul yg hampir memakan waktu kurang lebih dari dua jam tersebut selain membawakan lagu-lagu Rohani karya Komponis Johny Mapaliey, mereka juga membawakan lagu-lagu Rohani berbahasa Inggris karya komponis luar negeri, dan yg paling menarik tentunya ad. penampilan penutup mereka dgn membawakan lagu-lagu berbahasa daerah dari Minahasa sampe ada Bapak-bapak yg berdiri disamping Kita bilang kalau dia itu lahir di Minahasa tapi udah lupa bahkan ngak mengerti arti dari lagu-lagu daerah Minahasa tersebut he..he..!! dan tak kalah penting malam itu, Gubernur Sulut Drs. S.H Sarundayang dan Tokoh-tokoh dari Sulawesi Utara juga turut hadir menyaksikan konser tsb.  Hal yg pasti setelah selesai menonton Konser dari Ps. Voice of Soul malam itu, Hati menjadi terhibur, Pikiran jadi Fresh and Segar kembali tetapi ada yg ngak bisa membuat Kita tertidur malam itu ad. karena pikiran Kita terus dibayangi ( Coba kalau malam itu Kita ada ditengah-tengah mereka pasti senang dan bahagia sekali, menonton mereka bernyanyi aja terhibur dan senangnya bukan main apalagi kalau menjadi bagian dari mereka tapi kapan yah ?? ).

      Ps. Voice of Soul ini sebenarnya sudah cukup lama Kita tahu keberadaannya karena mereka suka latihan di Gereja Bukit Moria dimana tempat Kita ber Gereja juga and ada beberapa Personil mereka yg Kita kenal karena sama-sama Jemaat disitu dan pada kesempatan yang lain, Pelatih Ps. Voice of Soul yaitu Sdr. Frans Selfius Kawuwung pernah beberapa kali mengajak utk bergabung mengisi di suara Tenor, hanya Kita bilang sama Spangky ( Nama Panggilan Akrab Sdr. Frans Selfius Kawuwung ) kalau Kita itu masih mau konsentrasi di Paduan Suara Gerakan Pemuda Gereja dulu, alasan lainnya karena Paduan Suara itu merupakan Dunia baru bagi Kita dimana sebelumnya blm pernah ikut sama skali bernyanyi di Paduan Suara jadi mau belajar dari dasar dulu baru bergabung dgn Ps. Voice of Soul.  Dulu waktu di Manado memang sering bernyanyi di Paduan Suara Botol namanya alias ada Botol dulu baru keluar suaranya, ngak usah latihan pernafasan seperti latihan Paduan Suara pada umumnya yg penting di Dada udah Panas, Mata sudah Merah, Telinga udah Tuli alias Pongoh, jadi dehh and udah ngak pake malu-malu lagi he..he..33x !!.

      Kita mulai bergabung dgn Ps. Voice of Soul sekitar bulan Februari 2007, Tanggal tepatnya udah lupa dan dlm perkenalan itu Kita disuruh tampil ke depan utk memperkenalkan diri dan alasan mau bergabung dgn Ps. Voice of Soul, dan ini alasannya yaitu: Kita Pribadi masuk bergabung dgn Ps. Voice of Soul bukan utk Pelayanan / Melayani, maksudnya bagi Saya Pribadi ad. kata Pelayanan / Melayani itu memang gampang utk diucapkan tapi Actionnya susah walaupun memang Kita Pribadi secara sadar tahu bahwa ketika Kita berada di Paduan Suara ini memang utk Pelayanan / Melayani Tuhan dan Jemaat, satu lagi alasan utk bergabung dimana Kita Pribadi melihat bahwa Ps. Voice of Soul ini ad. Paduan Suara yg ber-Bobot dan ber-Kualitas sebagaimana Kita Pribadi pernah melihat ketika mereka tampil.

      Bagaimana Perasaan Kita ketika berada diantara anggota Ps. Voice of Soul ini ?? Canggung, bingung dan tentu merasa asing krn memang banyak anggotanya yg belum Kita kenal apalagi pas lagi istirahat latihan melihat Nona-nona and Tante-tante yg Cantik-cantik, Manis, Anggun, ada yg Bawel, and juga yg Genit, kalau udah ngumpul Ngobrol pasti seruh, heboh and brisik dehh begitupun dgn Nyong-nyong dan Om-om nya ada yg lucu-lucu tapi kebanyakan seriusnya tapi semuanya baik, ada kurang lebih Tiga Puluh Nona-nona and Tante-tantenya dan Dua Puluhan Nyong-nyong and Om-om nya, keadaan ini membuat Kita hrs segera menyesuaikan kemudian belajar kenal dgn mereka seorang demi seorang dan mereka pun mulai mengenal dan menyapa Kita sesuai dgn nama Baptis : Malky ada juga yg panggil Kita : Ungke ( Panggilan utk anak laki-laki dari Sanger Talaud ).

      Setelah sekian lama bergabung dan kenal dgn mereka, banyak hal yg Kita Pribadi jumpai disana yaitu : Suasananya lain dimana walaupun berada di Kota Jakarta tapi serasa seperti berada di Manado krn Gaya, Logat, dan Kebiasaannya Manado abiss!!  Apalagi kemudian ditunjuk menjadi salah satu Panitia utk Konser Paskah di Manado and Kawangkoan, apa yg disebut berkorban Tenaga, Pikiran, Uang, dan Perasaan jadi tdk terasa dan tetap semangat apalagi krn ada faktor penyemangat lainnya yaitu Nona-nona yg ada rata-rata Cantik-cantik, Manis, dan Anggun semua sehingga Normal lah Kita termotivasi dan sbg Laki-laki udah mulai ada Perasaan Suka sama satu diantara sekian banyak Nona-nona yg ada aduhh gemana nehhh !!.

      Kalau tadi perasaan Sukacitanya, perasaan Duka nya tentu ada yaitu Kita harus kena Omelan, di Gosipin yg tidak-tidak, di Bohongin, di Kecewain, dll.  Tetapi sbg Pribadi bagi Kita itu ad. hal yg biasa dan sbg Manusia biasa Kita juga tidak terlepas dari keadaan Duka seperti itu tapi akan menjadi Luar Biasa kalau Kita tdk bisa menghadapi semuanya itu apalagi kalau mau dilihat secara baik-baik, semuanya itu hanyalah masalah Salah Persepsi dan Komunikasi aja yg bagi Kita Pribadi itu ad. hal yg kecil dan masih bisa diatasi.

       Yang pasti ketika Ber- Ada di tengah-tengah Nona-nona, Tante-tante dan Nyong-nyong, Om-om di Ps. Voice of Soul senantiasa membuat Hati dan Jiwa ku tenang, Nyaman, dan Bahagia ( Udah kayak temanya Ps. Voice of Soul, Malky !!, ” It is Well With My Soul ” he..he.. )

       Karena dan apa penyebabnya ?? Krn bagi Kita Pribadi, semua yg ada bukan hanya sekedar ber- Teman saja tapi Kita semua sdh seperti Saudara ato semboyan Khas Orang Manado ” Torang Samua Basudara “, Kita juga bukan sekedar sekelompok Orang yg berkumpul-kumpul aja ataupun suatu Organisasi, tapi lebih dari itu Kita semua ad. suatu Komunitas yg mempunyai Ciri khas, Warna yg sama dan Jelas ( Kulit, Etnis, Pendidikan, Pekerjaan, dll, boleh berbeda tapi Kita semua “walaupun tidak semua Orang Manado” ada satu dua Orang yg dari Jawa, Ambon dan Irian) disatukan krn berasal dari satu daerah dan Kota yg sama yaitu Kota Manado di Sulawesi Utara, walaupun jujur banyak juga Anggota yg ngak lahir di Kota Manado bahkan ada yg lahir di luar Propinsi Sulawesi Utara,
 
       Inilah Ciri Khasnya dan Warnanya yg membedakan Kita dgn Paduan-paduan Suara lainnya, Kita ad. Komunitas Orang-orang yg berasal dari Manado yg saling ber-Interaksi di Kota Jakarta.
Finalitasnya ad. Kita semua memiliki, ber-Iman dan Percaya kpd Tuhan yg satu dan sama yaitu Yesus Kristus Tuhan, Dia lah yg menyebabkan dan menyatukan Kita ada di dlm Ps. Voice of Soul.

      Kebahagiaan Sejati itu tdk akan Kita temukan ditempat lain krn kebahagiaan itu ada dan diletakan oleh Tuhan ditempat yg aman, memang agak susah dijangkau tetapi sebenarnya dekat dan ada di dlm diri Kita yaitu di Hati Kita. 
Mari Kita semua temukan dan hadirkan Kebahagiaan itu bersama ditengah-tengah Komunitas Kita Ps. Voice of Soul, ” It is Well With My Soul “.

      Satu lagi kerinduanku utk ke depannya, kalau bisa Paduan Suara ini tetap bisa bertahan / Eksis dlm pemeliharaan Tuhan dan di Warisi / di lanjutin oleh Anak-anak Kita penerus masa depan Ps. Voice of Soul. Gimana boleh toh ??
 
Mungkin ini yg perlu Kita tahu dan ingat teman-teman, enaknya berada di Paduan Suara adalah :
 
–  Berada ditengah-tengah Paduan Suara, Kita bisa berinteraksi, berkomunikasi, dan menjalin hubungan dan membangun persahabatan lebih dari pada satu Orang.
–  Berada ditengah-tengah Paduan Suara, Kita belajar bernyanyi yg baik bahkan Kita juga mengajar dan menopang Jemaat Gereja Tuhan utk bisa bernyanyi yg baik dan benar ( Torang ini adalah Pandu Jemaat dan ….. ).
–  Berada ditengah-tengah Paduan Suara, Kita menambah Pengalaman dan Perkenalan dgn Orang Banyak lainnya yg Kita temui dlm setiap Pelayanan Kita.
–  Berada ditengah-tengah Paduan Suara, Kita menjadi Pelayan / Melayani, memuliakan Tuhan dan menjadi berkat bagi Jemaat lewat Puji-pujian.
–  Berada ditengah-tengah Paduan Suara, Kita bukan hanya dipakai bernyanyi ketika berada di dunia ini saja tetapi di sorga pun Kita tetap dipakai Tuhan krn Tuhan itu sendiri bertahta diatas Pujian krn di Sorga senantiasa penuh dgn Pujian. Tuhan sudah tdk memerlukan Khotbah oleh Pendeta serta Majelis utk menghitung uang Kolekte ketika berada di Sorga tetapi Tuhan butuh Paduan Suara utk bernyanyi dan memuji-Nya, ( Baca Kitab Wahyu, 19 : 1 & 5 ) betul toh?? he..he..he..33x!!

 Kontributor: Malky Takaendengan