kerja.jpgKontributor: Malky Takaendengan

Hidup yang selalu penuh kejutan,

Seringkali menjadi pertanyaan dan pergumulan bagi Kita tentang bagaimana membagi waktu antara kegiatan Pelayanan and kesibukan Pekerjaan atau dgn kata lain Kita sering dibuat bingung utk mencapai keseimbangan antara Pelayanan dan Pekerjaan. Disatu pihak Kita ingin berhasil dlm Pekerjaan, tapi pada saat yg sama panggilan Kehidupan Rohani sedang menggebu-gebu, tentu Kita tdk ingin kehilangan setiap Momentum dlm kehidupan Kita, lalu bagaimana Kita menyikapinya ??

 

Manajemen waktu pasti menjadi usulan pada Kita, disana Kita dpt memberikan Nilai Prioritas dlm setiap Aktivitas; pembagian waktu dgn Jadwal; Penting tidaknya dlm bentuk Matriks. Tapi betulkah Manajemen Waktu dpt menjadi sumber penyelesaian ??

Faktanya sulit sekali Manusia bisa konsisten bahkan menjadi kaku dan aneh utk mengisi setiap waktu yg terus lewat krn sejujurnya Kita tdk pernah mau memasuki wilayah Waktu dlm pengertian makna yg sesungguhnya sehingga ketidakstabilan dan ketidakseimbangan membuat hidup menjadi suatu rutinitas yg baku dan menjenuhkan.

 

Waktu ad. bahan mentah Kehidupan, artinya perlu kedinamisan utk mengelola waktu itu menjadi barang akhir yg baik krn waktu terus berjalan setiap hari tanpa ada Istirahat, inilah kesempatan Kita utk berkembang menjadi lebih baik krn Waktu ad. Fenomena dgn byk segi, Paradoks, selalu berubah atau tdk berubah. Jadi waktu tdk dpt digantikan, Waktu tdk menunggu siapapun, dan Waktu itu akan menelan semua Orang.

 

Hakikat Waktu menjadi sesuatu yg berharga, sekaligus kritikan dan menghabiskan hidup Manusia dlm ke sia-siaan belaka, atau yg juga diartikan sebagai “Hidupku seolah-olah menjadi Nihil”.  Mengelola waktu membutuhkan Ketekunan dan Kedisiplinan Pribadi, Waktu menjadi menjadi suatu nilai Investasi dan akan memberikan hasil Dividen yg lebih tinggi jangan sampai Kita memakai Jam Tangan yg Mahal dan ber-Merk tetapi Kita sendiri tdk tahu bagaimana mengelola Waktu.

 

Pekerjaan memang penting dalam memenuhi kebutuhan Jasmani Kita and

Pelayanan penting juga dalam memenuhi Kebutuhan Rohani Kita, tinggal bagaimana Kita menyeimbangkannya dalam Hidup Kita. Hal-hal yg perlu diperhatikan dan dihindarkan dalam Kehidupan Pekerjaan dan Pelayanan Kita adalah :

1.  Dalam Pekerjaan,

Hindari ucapan dan tindakan yg sering Kita ucap dan buat yaitu Saya tdk punya punya Waktu tetapi Kita sendiri menghabiskan Waktu dgn hal-hal yg tdk berguna.

 

2.  Dalam Pelayanan,

  Perhatikanlah dgn saksama bagaimana Kamu Hidup apakah sebagai   The Wiseman or Foolishman utk mengisi Hidup.

  Identitas dikaitkan dgn Makna Waktu, godaan dunia membuat Identitas berada dlm jebakan pilihan.

  Identitas dikaitkan dgn Waktu di dlm Realitas Kehendak Tuhan, dimana Waktu yg Kita kelola hrs mempunyai standar atas kehendak-Nya artinya apa yg Kita kerjakan hrs punya Nilai yg Mulia dan ber-Makna.

  Identitas didlm wadah Waktu berkorelasi dgn Kehidupan Spiritualitas krn penuh dgn Roh atau isilah terus menerus Pikiran Kita dgn Kebenaran Firman-Nya.

  Identitas dlm wadah Waktu didlm dinamika alur kehidupan mempunyai kesanggupan Ucapan Syukur artinya didlm mengisi Waktu seminimal mungkin buanglah sungut-sungut.

  Identitas yg ber-Karakter Rendah Hati yg terus melewati proses Waktu krn Perspektif Hidup dlm takut akan Tuhan, menganggap diri Kita belum sempurna dan terus belajar membenahi diri dgn pengenalan akan Kristus.

Jika Kita sdh dpt memahami dgn jelas, Waktu tidaklah menjadi sempit dan Kita tdk perlu frustasi krn waktu Kita mengalami Kegagalan, ini adalah Rencana Tuhan utk Kita supaya mampu mengoreksi dan selalu bergantung kepada Tuhan Allah sebagai the Ultimate Interpretator.

Jikalau Kita berhasil, inipun jgn membuat Kita berpuas diri, tetapi terus gali Potensi yg tiada habis-habisnya, krn Tuhan Allah mau dlm Wadah Waktu ada suatu Life Abundant utk kemuliaan-Nya. Inilah yg disebut Life is Surprising always, membuat diri dlm wadah Waktu selalu Hidup Dinamis.

Selamat Bekerja and Selamat Melayani

God Bless all of VOS’er