rjc.jpg 

Akhirnya Kita sadari bahwa Manusia itu ad. Social Animal atau Hewan Sosial yg artinya Kita ad. Makhluk yg paling ber-Gaul,  Kita ingin ber-Hubungan dan ber-Teman.  Dalam perkembangan usia, pola hubungan seseorang juga berkembang dan pola itu mulai jelas pada usia remaja & terus bertahan sampai usia lanjut. 

 

Pola itu terdiri dari Lima dimensi :

 

1.  Dimensi Persamaan :  Kita memilih Teman yg mempunyai persamaan dlm Kepribadian, Nilai2 Hidup, Perilaku, Minat, dan Latar belakang.

 

2.  Dimensi Timbal Balik :  Kita mencari Teman yg bisa saling Mengerti, saling Percaya, saling Tolong, saling mengakui Keunggulan, dan saling memaklumi Kelemahan masing2.

 

3.  Dimensi Kecocokan :  Kita berteman krn merasa cocok & senang berada bersama dia.

 

4.  Dimensi Struktur :  Kita mencari Teman yg berjarak dekat, mudah dihubungi, dan bisa langgeng.

 

5.  Dimensi Model :  Kita ber-Teman krn Kita respek dan mengagumi Kualitas ke-Pribadiannya.

 

Kalau kamu Malky, Pola Dimensi mana yg kamu suka utk ber-Teman ??

Kalau saya, semua ada baiknya cuma saya akan lebih senang memilih pada Pola Dimensi Model untuk dijadikan sebagai Teman dengan tetap memperhatikan Pola Dimensi-dimensi yg lain.

Sejalan dengan berkembangnya Kemampuan, Kematangan, dan Kebutuhan, Pola hubungan antar-orang berkembang dalam tujuh tahap yi : Tahap Bayi, tahap Anak kecil, tahap Anak besar, tahap Remaja & Pemuda, tahap Dewasa muda, tahap Dewasa, dan tahap Usia lanjut. (tahap-tahap yg sdh disebutkan tadi tdk dijabarkan krn terlalu panjang).

 

Yang mesti Kita tahu & Ingat tentang Persahabatan ad:   Orang lain ad. Neraka yg menjengkelkan dan menyebalkan namun sebaliknya, Orang lain juga bisa menjadi Surga yg menyenangkan dan membahagiakan, itu bergantung pada apakah hubungan Kita dengan dia bermusuhan ataukah berteman. 

 

Ber-Teman itu juga bukan sekedar berkenalan, bergaul atau berbaik-baikan tetapi dlm ber-Teman, Kita memerlukan Kematangan dan Kebesaran Jiwa.

 

Mau mengalami Mukjizat ?? ber-Temanlah dan bangun Persahabatan! Hidup yg semula bak Neraka bisa berubah menjadi Surga bila Kita tdk lagi ber-Musuhan melainkan ber-Sahabat.

 

Apa kata Alkitab tentang Teman – Sahabat itu :

“Se-Orang Sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi se-Orang Saudara dalam Kesukaran”. (Amsal 17:17)

Mari Kita belajar ber-Teman dari se-Orang Teman yg paling Baik & Setia yi. Yesus Kristus,  sabda-Nya,

” Kamu adalah sahabat-Ku.. ..” (Yoh.15:14).

 

” Selamat Membangun Sebuah Persahabatan”

 

By. ( Meers Malky. Takaendengan )