gustavmahler.jpg Gustav Mahler

Dari dunia musik klasik. Pernah mendengar simfoni nomor 9 dari Beethoven? Sejarah mencatat, sang komponis besar tersebut meninggal tidak lama setelah menyelesaikan mahakaryanya, Simfoni ke-9 yang terkenal itu.

Kisah serupa berkaitan dengan simfoni ke-9 juga menimpa beberapa komponis klasik lainnya. Antonin Dvorak meninggal di Amerika setelah menyelesaikan simfoninya yang terakhir, Simfoni nomor 9. Begitu pula dengan Anton Bruckner, yang meninggal saat berusaha menyelesaikan karya terakhirnya, yang lagi-lagi merupakan simfoni nomor 9.

Mitos seputar simfoni no. 9 membuat Franz Schubert mengorbankan simfoninya yang ke-8 dengan membiarkannya tak terselesaikan, demi menyelesaikan simfoni nya yang ke 9. Setelah simfoninya yang ke 9 selesai, dia meninggal.

Karena ketakutannya akan mitos simfoni ke 9, Gustav Mahler tidak menamai simfoninya yang ke 9 sebagai simfoni nomor 9, melainkan dia namai sebagai ‘Das Lied von der Erde’. Simfoni berikutnya setelah itu baru dia namai sebagai simfoni nomor 9. Tragisnya, simfoni no. “9″ tersebut tetap merupakan simfoninya yang terakhir yg bisa dia selesaikan sebelum meninggal.

Posted in Art by dhani on the November 15th, 2003  at: http://blog.dhani.org/