home_rowpic4_80x44.jpgKemajuan teknology membuat segala aspek kehidupan berubah secara cepat dan drastis. Kini semua lini dan sisi kehidupan Manusia, Hewan serta Tumbuhan telah dijangkau oleh teknology, sebut saja dunia kedokteran, transportasi, pertanian, peternakan, dll telah menggunakan bantuan peralatan teknology yang canggih, baik dengan memanfaatkan piranti lunak maupun keras.

Dalam dunia seni suara kini banyak piranti lunak yang memungkinkan kita untuk memperdalam dan berlatih vocal (menyanyi).  Dengan menggunakan piranti lunak yang terinstall di komputer, ditambah perangkat multimedia lainnya.

Salah satu contoh applikasi piranti lunak yang memungkinkan setiap orang dapat belajar dan berlatih vocal (menyanyi) sendiri adalah software Singing Coach http://www.carryatune.com/index.php

Nantinya mungkin akan kita jumpai aplikasi piranti lunak untuk paduan suara (choir) dimana didalamnya telah ada database suara penyanyi Sopran, Alto, Tenor, Bass yang mumpuni (tidak ada lagi hambatan pernafasan) dan database lagu-lagu arransement dari segala zaman seperti Reinesance, Barok, Romantic, hingga zaman modern, dll. Sehingga kita dapat belajar menjadi seorang Dirigen bahkan Arranger tanpa kehadiran para penyanyi dan orchestra, secara virtual kita dapat capai sebuah paduan suara dengan produksi suara seperti Malaikat, perfecto! atau mungkin memang sudah ada software seperti itu? who knows! (rfw)