asian_idol_logo_2.jpgSetelah gonjang ganjing dunia paduan suara mengenai 1st Asian Choir Games berakhir, kini sebuah kompetisi Internasional tingkat Asia yang diberi nama Asian Idol memenuhi setiap pemberitaan Televisi, Radio dan Media Masa. Yang pasti ajang ini akan sangat heboh dan menarik untuk dicermati mengingat pemberitaan dan sponsor yang terlibat memang sangat spectakular. Kapan ya ada ajang Choir Idol? he,…he,..he,…! mimpi kali yeeeee! 

Asian Idol adalah sebuah ajang kompetisi menyanyi dengan format idol series yang diikuti oleh enam negara Asia, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam dan India. Menurut rencana, acara ini akan digelar di Jakarta pertengahan Desember 2007 dan akan disiarkan secara langsung ke lima negara Asia lainnya oleh RCTI. Karena satu alasan, peserta dari Kazakhstan tidak dapat mengikuti ajang ini.

Peserta yang akan mewakili Indonesia sendiri harus melalui seleksi dalam acara Choose Your Idol yang rencananya akan digelar di RCTI pada tanggal 24 November 2007 dan akan diumumkan sepekan kemudian, 1 Desember 2007. Adapun peserta yang akan bertanding adalah Delon Thamrin, Mike Mohede, Muhammad Ihsan Tarore dan Rini Wulandari.

Selain itu, RCTI juga menggelar acara Asian Idol Extra yang rencananya akan tayang mulai 24 November sampai dengan 16 Desember 2007.

Para peserta Asian Idol akan diperkenalkan satu persatu melalui acara Idol Show Case yang akan digelar pada tanggal 8 Desember 2007, yang kemudian akan bertanding pada tanggal 15 Desember 2007 dan hasilnya akan diumumkan keesokan hari, 16 Desember 2007. Tiap peserta akan membawakan masing – masing 2 lagu, satu lagu berbahasa Inggris dan satu lagu lagi merupakan lagu dari negara masing – masing.

Setiap negara akan mengirimkan seorang juri hanya untuk mengomentari penampilan tiap peserta.

Format voting akan mengikuti konsep yang sama dengan World Idol, dimana pemirsa akan memilih 2 peserta terfavorit melalui SMS. Hasil voting dari tiap negara akan dikalkulasikan berdasarkan urutan ranking.

Dewan Juri

Televisi yang berpartisipasi

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Asian_Idol