golden2.jpg Hari ini, 07 Desember rencananya film The Golden Compass akan diputar serentak diseluruh dunia namun jaringan cinema/bioskop terbesar di Indonesia masih belum meperlihatkan tanda-tandanya, bahkan pada site film coming soon. Memang Film Golden Compass produksi New Line Cinema yang diluncurkan pada 7 Desember ini ternyata menuai kontroversi. Film yang diadaptasi dari novel Philip Pullman dianggap menyinggung orang-orang dan agama tertentu di Amerika. Foxnews.com dalam intervewnya dengan pemimpin katolik memberitakan bahwa para pemimpin katolik disana sangat kecewa dengan film The Golden Compass Some Catholic Leaders Upset Over New Nicole Kidman Movie , Many are accusing the upcoming film ‘The Golden Compass‘ of being anti-Catholic” 

Pendapat yang sama juga dikemukakan kalangan pemimpin Gereja Protestan, intinya film terbaru Nicole Kidman, The Golden Compass, menuai kritik tajam. Protes yang datang dari kelompok konservatif Katolik Roma dan Evangelis ini, menilai bahwa film berdasar novel Philip Pullman itu menyeret anak-anak ke dunia gelap dan individualis, yakni semua agama adalah jahat. Cerita fantasi itu dituding mengajarkan anak-anak untuk benci terhadap semua ajaran agama.

Sebab itu himbauan untuk memboikot film ini begitu deras mengalir dari kalangan Gereja, namun seperti biasa, semakin kita menyoroti satu objek dari satu sisi dan menilainya secara radikal maka disisi yang lain akan menyedot ke-ingin tahuan banyak orang untuk melihatnya, sepertinya ini telah menjadi satu pola baku dalam strategy pemasaran film bahwa dibalik hal-hal yang kontroversial terdapat tumpukan dollar yang akan mengalir deras,  who knows ya! (rfw)

Synopsis: Sebuah Trilogi baru setelah Lord of The Rings kembali diproduksi oleh New Line Cinema, rumah produksi film terkemuka di Amerika. The Golden Compass, film yang merupakan adaptasi dari novel terkenal karya Phillip Pullman. Nicole Kidman (The Others,The Hours, Bewitched, The Invasion) dan Daniel ‘Bond’ Craig (Casino Royale, The Invasion) akan beradu akting dengan aktris cilik yang berhasil mengalahkan ribuan anak dalam audisi di Cambridge, Oxford, Dakota Blue Richards.

Kisah tentang Lyra Belacqua (Dakota) seorang anak kecil yang ingin menyelamatkan sahabatnya yang dibawa pergi oleh kelompok misterius The Gobblers. Lyra mendapatkan pertolongan dari Marisa Coulter (Nicole Kidman) yang memberinya alat bernama Golden Compass. Alat tersebut dapat memberitahu apapun yang ditanyakan oleh Lyra. Sayangnya Lyra mengalami kesulitan untuk menterjemahkan pesan yang disampaikan oleh Golden Compass dalam bahasa yang amat kompleks. Petualangan Lyra mencari Gobblers ternyata tidak mudah, ia harus menemui banyak rintangan, mulai dari beruang kutub yang mengenakan baju perang sampai ilmuwan dan penyihir yang mengerikan.

Film yang disutradarai oleh Chris Weitz (American Pie) ini menghabiskan dana sekitar USD 150 juta untuk efek animasi khususnya. Para petinggi New Line Cinema yang hadir di Jakarta dalam pemutaran khusus trailer 10 menit film tersebut, memprediksikan bahwa The Golden Compass akan mampu meraih kesuksesan melebihi Lord of The Rings. Tidak tanggung-tanggung, film ini akan serentak diputar bioskop seluruh dunia pada 7 Desember 2007 nanti.

The Golden Compass adalah bagian pertama dari novel trilogi His Dark Materials karya Philip Pullman. Dunia dalam kisah ini terbagi tiga, pada bagian pertama adalah sebuah dunia yang mirip dengan dunia kita, tapi berbeda dalam berbagai hal. Sehingga kalau kita baca buku bagian pertama ini, kita akan merasa dunia mereka sama dengan dunia kita. Sedangkan di buku kedua, yaitu The Subtle Knife (Pisau Gaib), cerita terbagi dalam tiga dunia, yaitu dunia yang ada di The Golden Compass, lalu dunia yang kita kenal dan dunia ketiga yang berbeda dari dunia kita dalam banyak hal. Lalu di bagian terakhir dari trilogy ini, The Amber Spyglass, cerita akan berpindah-pindah di antara beberapa dunia

sumber : cafejomlo.com