new-sun.jpg Saat matahari pagi ini terbit (sekalipun dikotaku sudah jam 09:26 masih belum terbit juga; maklum mendung) semua itu tetap menandakan masih adanya harapan baru. Tak habis-habisnya kasih setia Tuhan selalu baru setiap pagi itulah firman yang bisa kita katakan memasuki tahun 2008 ini

Siapapun boleh berprediksi tentang tahun 2008. Baik itu para politikus, ekonom, olahragawan, seniman bahkan paranormal sekalipun. Tapi yang jelas bahwa yang menanti di depan bukanlah sesuatu yang mudah, Tantangan-tantangan baru, gunung dan bukit yang terjal dan peperangan-peperangan yang nyata, ( latihan-latihan paduan suara yang berulang-ulang, pemanasan, vocalizing, blending, lagu yang dilatih selama 1 bulan namun diinyanyikan hanya dalam hitungan menit he,…he,…he,….).

Tapi janganlah itu menyurutkan semangat kita. Kita diciptakan untuk menaklukan, untuk itu harus ada tantangan untuk ditaklukan. Kita diciptakan untuk menang untuk itu harus ada peperangan yang harus dimenangkan. Kita diciptakan untuk berada dipuncak untuk itu harus ada gunung-gunung terjal yang harus didaki. Bukankah itu sesuatu yang menyenangkan? meminjam istilah iklan “bikin hidup lebih hidup” Kita sendirilah yang akan mengambil kuas cat dan mewarnai hidup kita, soal apakah warna itu cerah atau kelabu biarlah semangat kita yang menentukan warna itu dalam kehidupan kita, mengutip kata-kata Wiliam Arthur Ward yang penuh harapan, semangat dan optimisme yang tinggi yang berujar:

“Another fresh new year is here . . .
Another year to live!
To banish worry, doubt, and fear,
To love and laugh and give!

This bright new year is given me
To live each day with zest . . .
To daily grow and try to be
My highest and my best!

I have the opportunity
Once more to right some wrongs,
To pray for peace, to plant a tree,
And sing more joyful songs!”

Dari dulu sampai sekarang, momen awal tahun adalah momen untuk harapan baru, semangat baru, semangat baru dalam meraih harapan, cita-cita dan cinta. Setiap tahun baru seharusnya mampu menjadikan diri ( paduan suara kita ) menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, karena apa? karena kita masih diberi kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik dari segala sisi aspek kehidupan kita ( kehidupan paduan suara kita!,  yang males latihan jadi lebih rajin,  yang sering ngaret jadi lebih ngaret lagi, Upss?  he,…he,… ) Kini kita telah meninggalkan tahun 2007, kejadian di tahun 2007 hanya bisa dikenang bila ada hal yang sama harus dijalani ditahun 2008 ini, harusnya dapat lebih baik lagi kita lakukan dibandingkan tahun yang lalu.

Jadi mari kita masuki tahun 2008 ini dengan penuh keberanian dan semangat sambil membawa obor pembaharuan akan hari depan yang lebih baik serta berharap agar komunitas paduan suara melalui aktifitas dan kegiatannya dapat lebih memberi arti bagi kehidupan masyarakat bangsa dan negara, tentunya bukan sekedar kalimat klise semata namun dengan karya nyata! sebagai contoh bukankah komunitas ini dapat melakukan konser-konser sosial untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah banjir dan tanah longsong di Jawa Tengah dan Jawa Timur, atau bahkan korban lumpur lapindo ( Sekalipun kita bukan orang nomor 1 terkaya di Indonesia versi majalah forbes, he,…he,… ) kalau boleh meminjam istilah tukul becoz what? Karena kita masih diberi kesempatan sekali lagi untuk memperbaiki yang salah, untuk berdoa bagi perdamaian, untuk menanam sebatang pohon kehidupan dan memberikan harapan akan kehidupan yang lebih baik. So guys You can do it ! AND LET’S SING MORE JOYFUL SONGS! (rfw)