logo.jpg Gema festival paduan suara dari daerah nyiur melambai yang diberi nama North Sulawesi International Choir Competition sayup-sayup mulai terdengar, kompetisi yang memilih tema Singing unites people ini akan dilaksanakan pada 22 – 25 Juni 2008 di Manado dengan pilihan kategori perlombaan sebanyak 12 kategori. Sebelum itu pada tanggal 16 – 20 Juni 2008 ICII (International Conductors Institute of Indonesia) akan melakukan workshop conductor yang terdiri dari 2 track yaitu Introductory track dan Continuing track dengan pengajar Andre de Quadros (Director dari sekolah musik di Boston University dan Artistic Director dari “The Tanglewood Institute”) dan Miguel Felipe (Seorang conductor dan guru di Boston, USA, pengajar di Boston Conservatory dan menjabat music director dari Boston Choral Ensemble)

North Sulawesi International Choir Competition adalah sebuah kompetisi paduan suara tingkat Internasional  yang merupakan kompetisi pertama yang dilakukan sendiri oleh organisasi Indonesia hal ini juga menjadi terobosan baru bagi sebuah propinsi yang memang memiliki tradisi menyanyi dimana ribuan paduan suara aktif berada didaerah ini.

Adalah Gubernur Sulawesi Utara Drs. Sinyo Harry Sarundajang yang dalam sambutannya mengatakan bahwa peserta dalam kompetisi ini akan akan menyaksikan sendiri besarnya komunitas paduan suara di Sulawesi Utara yang telah mengakar sejak dahulu kala dalam tradisi budaya kami.

Selanjutnya beliau mengatakan: Saya mengundang semua penyanyi dari berbagai negara di seluruh dunia ini untuk datang ke Manado. Disamping menyanyi dan berkompetisi, Anda sekalian akan menikmati keindahan alam yang luar biasa, makanan yang lezat, keluhuran budaya, dan keramahan penduduk di Sulawesi Utara. Semua itu merupakan kombinasi yang akan menciptakan pengalaman dan kesan mendalam. Sudah sejak lama didengungkan “Singing unites people”. Saya yakin event Internasional ini juga akan mempersatukan Anda sekalian yang datang dari berbagai penjuru dunia dengan hati yang bersih. Bukan hanya untuk bernyanyi kita berkumpul, tapi juga bersahabat dan bergandengan tangan membangun dunia ini menjadi tempat yang lebih baik untuk kita tinggali. Manado menanti kedatangan Anda sekalian!  

Sebuah sambutan dan dukungan yang sangat berarti bagi sebuah komunitas paduan suara di Indonesia khususnya Sulawesi Utara dimana aparat pemerintah dari tingkat Propinsi sampai kelurahan memberikan dukungan penuh bagi terselenggaranya event ini. Lebih hebat lagi patron dari event ini di dukung penuh oleh Gubernur Sulawesi Utara dan tiga walikota yaitu; Walikota Manado, Bitung dan Tomohon, Wow!

Sulawesi Utara memang saat ini sedang berbenah dalam menyambut event-event Internasional di daerah ini sebut saja Festival Bunga Tomohon 2008, World Ocean Conference 2009, Manado Kota Wisata Dunia 2010. Mengutip berita harian komentar Tak heran jika Menjelang pelaksanaan iven berskala internasional World Ocean Conference (WOC) 2009 mendatang, dapat dipastikan bahwa infrastruktur Kota Manado bakal mengalami banyak perubahan. Sebut saja pelebaran Jalan Mapanget-Manado dan perluasan appron Bandara Sam Ra-tulangi. Semuanya itu dilakukan demi suksesnya agenda WOC. Tak hanya itu, untuk menam pung para peserta WOC yang diperkirakan mencapai puluhan ribu orang, ternyata Pem-prop Sulut tidak sendirian. Terkait hal ini, PT Wenang Permai Sentosa bakal meng-hadirkan Grand Kawanua International City yang terdiri dari convention hall berkapasitas 63 ribu orang lengkap dengan hotel dan hunian elit, yang lokasinya terletak di lapangan golf, Kayuwatu.

Sebuah upaya yang sangat serius tentunya dari pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi terlaksananya kegiatan-kegiatan Internasional tersebut di atas.

Semoga Sukses dan Jayalah Paduan Suara Indonesia

(VOS Choir – rfw)

Advertisements