conductor.jpg Instrument (alat) musik dan kursus musik itu sangat mahal, beruntunglah anda yang tergabung dalam komunitas / group vocal ataupun paduan suara dan pelatih Anda adalah seorang seniman sejati, seorang yang idealis, karena mereka akan memberikan dan mengeluarkan ilmu yang mereka miliki dengan sungguh-sungguh, bukan untuk kepentingan Anda saja namun juga untuk pemenuhan kepuasan jiwa sang pelatih tersebut, banyak contoh seniman yang berkarya tanpa orientasi pada materi, sebut saja Bapak Paduan Suara Indonesia yang juga dikenal sebagai Maestro Mars dan Himne; Nortier Simanungkalit sumbangsihnya dalam dunia seni musik dan paduan suara tidak diragukan lagi, konon sebelum mencipta lagu, mantan anggota MPR-RI (1987-1992) itu selalu menjalani ritualnya: berdoa. “Tuntunlah saya supaya berhasil membahagiakan orang yang menerima lagu ini,” atau Ibu Chatarina W Leimena yang tidak mau menerima bayaran ketika tahu muridnya tidak mampu lagi untuk membayar biaya kursus.  Tentu masih banyak lagi yang lain, contoh nyata dan paling kasat mata adalah pelatih-pelatih paduan suara kami Voice of Soul Choir he,..he,….🙂

Namun seorang murid atau orang yang menerima bimbingan seharusnya juga tahu diri untuk mengembangkan diri lebih baik lagi, tentunya dengan memiliki kesadaran berlatih yang tinggi, disiplin, menerapkannya dengan sungguh-sunguh serta aktif mencari sumber-sumber yang menunjang dan melengkapi apa yang telah didapat dari sang pelatih.

Di jaman sekarang ini rasanya tidak terlalu sulit bagi kita untuk menemukan sumber-sumber berbagai jenis disiplin ilmu lewat internet, banyak situs yang menawarkan informasi tentang hal-hal yang ingin kita ketahui, secara khusus pengetahuan tentang vocal, choir, instrument music dll. Atau dengan rajin membaca buku-buku yang berkaitan dengan tema diatas di perpustakaan, pada akhirnya ketekunan, disiplin dan komitment untuk maju adalah modal dasar untuk kita dapat berkembang kearah yang lebih baik.

Paduan Suara merupakan sebuah cara terbaik untuk belajar musik/vocal dengan investasi yang relatif murah. Menyanyi lebih banyak menggunakan instrument pribadi yaitu diri kita sendiri, suara kita sendiri dan tubuh kita sendiri tanpa harus membeli. Instrument (alat) musik dan pelajaran tentang musik biasanya mengeluarkan biaya yang sangat mahal. Ketika perangkat (alat) musik menjadi sebuah kendala maka menyanyi akan menjadi sebuah alternatif yang realistis namun tetap menyenangkan dan meneduhkan jiwa. Legenda gitar, Eric Clapton pernah mengatakan bahwa intrument yang paling mengagumkan adalah suara/vocal Manusia.

Hampir semua kita dapat belajar dan mengembangkan bahkan menerima teknik bernyanyi dengan baik, tentunya ditambah dengan seringnya latihan dan kerja keras, sebuah kelompok paduan suara yang baik tidak pernah dibangun dalam kurun waktu yang singkat.

Dengan program yang baik sebuah paduan suara dapat menjadi sebuah laboratorium instrument suara dimana struktur, design dan arti dari sebuah musik dapat dianlisa dan diuji cobakan/demonstrasikan dan dilatih oleh pelatih serta yang paling utama tentunya keterlibatan yang aktif dari anggota paduan suara tersebut.

Jadi jika Anda mencintai dunia paduan suara cobalah untuk tetap memlihara instrument yang Anda miliki dengan terus berlatih dan mengexplorenya semaksimal mungkin.

Salam Paduan Suara (rfw)