image illustration from http://www.robertsturmanstudio.com

Fransiska Ari Wahyu – detikinet

Jakarta – Banyak orang mungkin bercita-cita menjadi konduktor yang memimpin konser musik akbar. Dengan sebuah video game bernama UBS Virtual Maestro, hasrat menjadi konduktor tersebut dapat tersalurkan.

Seperti dikutip detikINET dari Guardian, Kamis (17/4/2008), perangkat untuk mewujudkan mimpi menjadi konduktor tersebut terdiri dari layar TV plasma ukuran 42 inchi, dan speaker besar. Keduanya ditautkan ke Nintendo Wii yang telah dilengkapi software Virtual Maestro.

Dengan game ini, pemain dapat bergaya layaknya konduktor jempolan yang sedang memimpin orkestra. Pemain menggunakan remote Wii nirkabel sebagai tongkat dirigen untuk memimpin orkes musik maya. Dengan tongkat tersebut, pemain dapat mengatur tempo musik yang dimainkan. Mulai dari musik bertempo cepat ke lambat atau sebaliknya, cukup dengan menggerak-gerakkan tangan layaknya sang konduktor di sebuah konser akbar.

Game ini dikembangkan oleh Teresa Nakra di College of New Jersey. Pembuatnya pun mengklaim, game ini dapat dimainkan oleh semua kalangan usia.Punya cerita seru yang berhubungan dengan dunia teknologi informasi? Sampaikan di detikINET forum.
( faw / ash )

Sumber: http://detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/04/tgl/17/time/081355/idnews/924668/idkanal/398