Kompetisi

Setelah perhelatan piala Eropa 2008 bulan Juni lalu, Austria kini kembali sunyi ditinggalkan oleh para supporter dan turis sepak bola. Swiss dan Austria memang sukses dalam penyelenggaran kegiatan Euro 2008 dimana Spanyol menjadi juara tanpa terkalahkan.

Kini memasuki medio Juli 2008. Austria kembali akan diramaikan oleh sebuah event besar. Kali ini bukan berupa kegiatan olah raga namun sebuah perhelatan dunia seni paduan suara yang sangat ditunggu-tunggu oleh komunitas paduan suara dunia yang dinamakan WORLD CHOIR GAMES GRAZ 2008  yang penyelenggaraannya akan dimulai pada tanggal 9 – 19 July di Graz – Austria.

Tercatat lebih dari 70 Negara dari berbagai benua akan turut serta dalam Word Choir Games 2008 ini, termasuk didalamnya Negara Indonesia, dimana sebanyak tiga puluh lebih kelompok paduan suara dari berbagai daerah akan turut serta dalam kompetisi paduan suara dunia, mereka adalah:

Adoro te Choir
Agape Mixed Choir Pouk PT.RAPP
Andalaswara
Angelicus Indonesia Choir
Angel’s Voice
Benedictio Chorale
Bitung City Chorale
Blue Choir of Samratulagi University Manado
Blue Male Chamber Choir of Sam Ratulagi University Manado
Consolatio Choir of Universitas Sumatera Utara
Elfa’s Singers
Gema Chandra Cendrawasih University Choir
Gema Sangkakala
Gema Sangkakala Youth Choir
Gorontalo Inovasi
Isen Mulang II Choir
Jerusalem Male Choir
LPPD Manokwari Papua Barat
Manado State University Choir
Mazmur Chorale Kupang
Musafir Children Choir Manado
North Sulawesi Gmim Male Choir
Paduan Suara Anak Surabaya
Paduan Suara Mahasiswa Universitas Hasanuddin
Sekolah Pelita Harapan Bukit Sentul Children’s Choir
Smansa Choir CSMA Negeri Balikpapan
Studio Cantorum Choir
Tomohon Christian Female Choir
Vocalista Angels Klaten
Voice Art Ensemble
Voice of YPJ
Wakhu Bhim Choir of Papua
Y2K Choir

Gala Concert.

Menurut buku program yang dikeluarkan oleh pihak penyelenggara dalam situs resminya di www.musica-mundi.com ada empat paduan suara dari Indonesia yang mendapat kehormatan untuk mengikuiti Gala Concert, mereka adalah Elfa’s Singers, Gema Sangkakala Manado, Manado State University Choir dan Wakhu Bhim Choir of Papua.

Biasanya untuk ikut serta dalam Gala Concert haruslah mendapat undangan khusus. Undangan ini berarti penghargaan yang sangat tinggi untuk paduan suara Indonesia. Hanya paduan suara yang mencapai prestasi sangat tinggi dan mempunyai reputasi internasional atau dikenal dengan sangat baik di antara komunitas elit paduan suara dunia yang dapat tampil dalam acara Gala Concert dunia. Selama ini hanya Elfa’s Singers dari Indonesia yang dapat kehormatan itu.” Paduan suara yang akan tampil di Gala Concert ini juga dipilih oleh tim artistic Musica Mundi.

Jadi selamat berjuang buat peserta paduan suara yang berangkat ke Graz Austria, ayo harumkan nama bangsa, kibarkan bendera merah putih, perdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, raihlah prestasimu untuk Ibu Pertiwi, doa kami menyertaimu. (rfw)